Pantai Batu Bengkung Dengan Sunset Menakjubkan Dimalang

Pantai Batu Bengkung Dengan Sunset Menakjubkan Dimalang
Satu lagi nih yamg menawan ada di bumi Arema atau Kota Malang yaitu Pantai Batu Bengkung, Pantai ini merupakan pantai yang terletak di pesisir selatan Kabupaten Malang. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak besar, Pantai Batu Bengkung sendiri sangat tidak aman untuk kegiatan berenang. Beberapa papan bertuliskan “No Swim” yang terpapr jelas membuat pantai ini masih begitu kurang diminati untuk bermain berenang.
Photo IG : @luqmanaini
Tetapi pengunjung bisa saja berenang di Pantai Batu Bengkung asalkan waktunya tepat. Dengan adanya Ombak besar yang akan dipecah oleh barikade karang yang membentang sepanjang pantai. Air laut yang melewati barikade karang akan terjebak di cekungan sehingga terbentuk kolam air asin alami. Dengan adanya barikade karang yang menghalangi ombak, pengunjung relatif aman dari resiko terseret ombak. Dan Sayangnya kolam tersebut lama-kelamaan akan hilang ketika air laut surut. Jadi, jika ingin berenang datanglah saat Pantai Batu Bengkung mengalami pasang naik.

Pantai ini seperti pantai-pantai yang masih sedikit pengunjungnya, seperti Pantai Kondang Merak dan sebagainya, sehingga membuat pantai ini menjadi bersih dan alami.

Berbeda dengan pantai lainya yang ada dikota mlang, sepertinya hanya Pantai Batu Bengkung yang menyajikan pemandangan matahari terbenam dengan sangat indah. Mengapa demikian? Karena pantai ini memiliki pesisir yang menghadap langsung ke arah barat. Selain itu dengan surutnya air laut ketika momen golden hour hingga saat matahari terbenam, membuat saya dapat mengabadikan karang sebagai foreground. Sungguh indah!!

Sunset di Batu Bengkung


Photo IG : @illhamakbar
Momen yang satu ini jangan sampai terlewatkan, yaitu Ketika matahari terbenam, sepertinya tidak sedikit ornag yang berada di kawasan Pantai Batu Bengkung. Lebih dari 100 orang menghabiskan waktunya dengan berkemah disini. Tidak hanya datang saat siang hingga sore hari, ada pula pengunjung yang baru datang saat malam hari. Adanya fasilitas parkir 24 jam, toilet, dan juga warung membuat pantai ini relatif nyaman untuk dijadikan sebagai tempat camping.

Serunya Camping Di Pantai Bengkung.
Yaitu ketika pagi tiba,  dengan adanya bukit yang berada di sebelah barat daya (arah barat – selatan) Pantai Batu Bengkung yang  seperti ‘memanggil’ untuk anda kunjungi. Bukit ini akan lebih mudah diakses ketika laut sedang surut. Adanya area pantai yang tertutup air laut (entah seberapa luas & dalam saat laut sedang pasang) menciptakan pemisah antara daratan utama dengan bukit Batu Bengkung.

Pertama kali anda menjejakkan kaki di bukit Batu Bengkung anda harus menempuh dengan sedikit memanjat. Sama dengan kebanyakan perjalanan menuju puncak bukit, harus anda lewati tanjakan selangkah demi selangkah. Di awal perjalanan anda saya  sarankan mengambil jalur sebelah barat bukit Batu Bengkung. Pemandangan yang disajikan begitu indah. Karena jalur ini tidak memiliki batas vegetasi dengan air laut, berhati-hatilah saat melewatinya.

Jalur Atau Rute menuju Pantai Bengkung
Untuk menuju jalur Pantai Batu Bengkung, gunakan petunjuk jalan menuju Pantai Sendang Biru. lalu arahkan kendaraan melewati Pantai Goa Cina dan Pantai Bajulmati. Pantai Batu Bengkung berada sekitar 2 kilometer dari Pantai Bajulmati.

Tiket masuk dibebankan Rp 5.000 untuk setiap pengunjung. Tidak ada biaya tambahan ketika camping.
Tiket parkir sepeda motor Rp 5.000 / motor. Jika menginap dibebankan Rp 10.000 / motor.
Pantai Batu Bengkung memiliki toilet air tawar, warung, dan juga parkir kendaraan 24 jam.
Pantai Batu Bengkung memiliki beberapa saung / gubuk yang dapat digunakan untuk tempat berteduh sementara.
Source : anomharya.com
Admin
Suka menulis dan berpetualang, terkadang juga tidak suka diganggu. Sedang belajar disalah satu pesantren, saya sangat senang sekali jika artikel ini dibagikan.

Advertiser