Sunday, 10 January 2016

author photo
Pemandian Metro Kepanjen merupakan tempat pemandian yang terletak di Jalan Raya Kepanjen, Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Dengan posisi di samping sebuah jembatan peninggalan Belanda di ujung barat Kota Kepanjen. Jalur menuju ke Pemandian Metro Dari Kota Malang berjarak sekitar 20 km dan berada di ketinggian 330 m dari permukaan laut. Dan Tempat Pemandian ini berada di atas Sungai Metro sehingga dinamakan Pemandian Metro. Airnya berasal dari sumber mata air sehingga terasa lebih segar dan tidak dicampur dengan bahan penjernih seperti umumnya kolam renang yang lain. Pengelolaannya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Malang dari Dinas Jasa Yasa.

Pemandian Metro merupakan satu-satunya obyek wisata pemandian yang ada di Kecamatan Kepanjen. Hal ini dapat menjadikan sebagai sarana tempat para warga untuk menghabiskan waktu liburan, terutama warga sekitar Kepanjen, Sumberpucung, dan Pakisaji dan sekitarnya. Uniknya pemandian ini dahulunya merupakan peninggalan dari Belanda, adapun fasilitas yang diberikanadalah terdiri dari kolam renang anak dan dewasa yang posisinya masih belum berubah. Tangga naik, tempat ganti pakaian, dan tempat berjualan, masih asli. Tetapi di luar lokasi pemandian terdapat sebuah jembatan dan di bawahnya terletak pos gardu, keduanya juga bekas bangunan Belanda.

Lokasi Pemandian Metro ini berada di hutan kota sehingga terasa sejuk. Lahan hutan kota Kepanjen di atas pemandian itu seluas 2 hektare. Juga Diperkirakan ada 4.000 pohon dengan 60-an jenis pohon. Nah Untuk menjaga kelestarian dan kelamian lingkungan hutan kota itu, Pemerintah Kabupaten Malang memasang papan peringatan di Pemandian Metro, seperti larangan merambah hutan, membuang benda-benda yang mengakibatkan kebakaran dan lain-lain. Pengunjung datang biasanya selain untuk menikmati udara segar hutan kota juga untuk mandi berenang.

Tempat ini cocok sekali bagi yang menginginkan sarana rekreasi keluarga yang murah, Pemandian Metro menjadi salah satu pilihan yang menyenangkan dan tentunya menyehatkan badan. Pemandian Metro dibuka untuk umum mulai pukul 7 pagi dan setiap pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Tiket ini dinaikkan dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 3.000,- . Pada setiap hari Senin dan Jumat pukul 4 sore Pemandian Metro selalu dibersihkan.

Dalam kawasan lokasi Pemandian Metro terdapat kolam renang baik untuk anak-anak maupun dewasa. Jangan lupa untuk menikmati suasana karen apemandian ini mempunyai pemandangan alam yang cukup indah dan suasana alam hutan yang cukup terasa. Sedangkan lokasi di sekitar Pemandian Metro adalah hutan yang berbentuk terasering gunanya untuk mencegah erosi serta untuk melestarikan sumber air yang digunakan untuk kolam renang. dan juga di atasnya lagi ada kios-kios makanan untuk pengunjung. Keberadaan Pemandian Metro sangat
diperlukan terutama oleh kalangan pelajar sebagai sarana olahraga renang.

Disisi lain masih banyak kekurangan sarana dan prasarana di tempat wisata pemandian ini, seperti tembok pagar yang kurang terawat dan kios tempat berjualan makanan yang kurang terpelihara. Rencananya Pemkab Malang akan mempercantik tempat wisata ini berupa taman di atas pemandian. Saat ini memang terdapat gazebo, tapi tidak ada taman yang menarik. Fasilitas tempat bermain anak juga masih belum ada. Saat ini hanya ada dua mainan ayunan saja. Lalu tempat duduk untuk pengunjung dan toilet yang juga perlu diperbaiki.
Advertisement
Next article Next Post
Previous article Previous Post