Saturday, 14 May 2016

author photo
Sebuah Wilayah di Timur Jawa yaitu Kabupaten Lumajang, merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Lumajang. Dan Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Jember di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Malang di barat. Tempat ini mempunyai Keindahan alam di Lumajang tak perlu diragukan lagi. Bila sobat traveler mengunjungi Lumajang, tak ada salahnya untuk mampir dan menikmati tempat berikut ini. Namanya Pemandian Alam Selokambang.
sumber gambar: astridtraveller.blogspot.com
Jalur Objek wisata Pemandian Alam Selokambang terletak di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersoko, Kabupaten Lumajang. Destinasi ini merupakan obyek wisata  andalan yang dipercaya masyarakat bahwa mandi di pemandian tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Nama Selokambang sendiri mempunyai arti batu terapung. Juga terdapat banyak cerita soal asal muasal pemandian Selokambang. Di antaranya menurut legenda, pada masa kerajaan Majapahit ada seseorang yang menyelamatkan diri dari peperangan dan menyembuyikan sesuatu di balik batu besar di tepi danau. Dengan bantuan petapa sakti, batu tersebut digeser dan masuk ke danau. Anehnya, batu itu tidak tenggelam melainkan terapung sehingga dinamai batu apung (selokambang).
Air pemandian tersebut merupakan sumber air yang muncul di bawah tiga pohon beringin yang ada di sisi barat. Jalur airnya sumber ini mengalir sampai ke ujung kota Lumajang, sehingga kebanyakan aliran-aliran sungai kecil mulai dari Selokambang hingga ke kota yang terlihat mempunyai air yang jernih karena memang berasal dari sumber ini.

Untuk Lokasinya memang sangat teduh dan berhawa sejuk juga dingin. Untuk Tiket Masuk atau Karcis Selokambang per- pengunjug dipungut karcis masuk Rp 3.000,-. Ditempat tersebut juga dilengkapi fasilitas di samping pemandangan alam dan area utama yaitu pemandian, dibagian sisi atas ada lapangan tenis, di samping pintu masuk ada kolam khusus anak-anak. Di sebelah selatan, ada perahu dayung. Ini yang keren dari tempat ini kamu bisa melihat berbagai jenis ikan seperti ikan mujair, nila, tawes, wader, sepat, tombro dan gurami. Tak kalah serunya jika kamu pingin berselancar di pemandian ini juga tersedia papan seluncur. Tapi sebelum menceburkan diri ke kolam, sebaiknya membasahi badan dengan air dan melakukan pemanasan. Jika langsung menceburkan diri, maka badan akan terasa dingin dan takkan mampu menikmati renang karena akan merasa cepat kedinginan.

Setelah puas bermain-main dan menikmati wisata Selokambang kamu tidak perlu khawatir kalau merasa kedinginan, disini sudah disediakan beberapa tempat menghangatkan diri, sebelah kolam ada beberapa warung yang menyediakan makanan hangat. Ada gorengan seperti ote-ote dan tahu petis atau kapi dan susu panas yang langsung bisa dinikmati di pinggir kolam. dan jangan khawatir jika kamu tidak bisa berenenag karena disana juga terdapat persewaaan ban. Biasanya waktu yang cukup ramai pengunjung adalah ketika Hari Libur dan Idul Fitri.
Advertisement
Next article Next Post
Previous article Previous Post