Monday, 19 December 2016

author photo
Siapa sih yang tidak kenal dengan danau yang cantik ini..? bagi yang pernah nonton Film 5 cm pasti tahu dengan danau Ranu Kumbolo ini, meski banyak yang sudah tahu atau bahkan pernah mengunjunginya tidak salah jika baca-baca sedikit informasi mengenai danu ini.

Wisata Danau Ranu Kumbolo, sebuah danau gunung di Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang Jawa Timur. Letaknya berada di kawasan Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Luasnya 15 hektare. Di Ranu Kumbolo terdapat tempat perkemahan. Tempat ini adalah salah satu titik berangkat untuk mendaki Gunung Semeru. Sedangkan Gunung Semeru Sendiri adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia.
Instgram by : @nerissatandiono
Menurut sumber wikipedia Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Danau Ranu Kumbolo Dan Gunung Semeru ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Lokasi dan rute yang mudah untuk menuju Pemandangan Danau Ranu Kumbolo, Kab. Lumajang
Untuk menuju danau ranu kumbolo dan gunung semeru dimulai dari desa kecil bernama desa ranu pani, disinilah Jalur atau Rute Pendakian Danau Ranu Kumbolo Dan Gunung Semeru, jalur pendakian menuju danau ranu kombolo dan gunug semeru bisa dari dua arah yakni kabupaten lumajang dan kabupaten malang, jika pendaki datang dari malang,

Para pendaki diharapkan melewati atau menuju ke arah tumpang yang bisa ditempuh dengan kendaraan -+ 1,5 jam, tiba di tumpang melanjutkan perjlanan menuju ranu pani dengan alternatif memakai sewa jeep menuju ranu pani dengan tarif Rp, 125.000/orang atau juga bisa menaiki mobil masyarakat yang akan menuju ranu pani dengan tarif Rp. 50.000 per orang, tiba di desa ranu pani disinilah desa terahir untuk menuju jalur pendakian ranu kumbolo dan gunung semeru.

www.bromomalang.com
Advertisement
Next article Next Post
Previous article Previous Post