in ,

7 Tempat Makan di Jogja yang Mengusung Gaya Klasik atau Jadul

Pasti kalian ketika masuk kedalam rumah makan itu punya alasan, entah karena kamu suka dengan susananya, menu  makanannya dan pelayanannya.Tapi itu semua pasti tidak kalah kalian mengunjungi rumah makan ketika tertarik dengan bangunan luarnya.
Bayangin saja, sklibet kita lihat bangunan luarnya saja kita pasti langsung terbayang dengan suasana dalamnya kayak gimana. Iyakan..? Oke dah,ternyata di Jogjakarta terdapat 7 Tempat Rumah Makan yang menggunakan gaya Vintage atau Klasik, yukk.. bagi kalian yang suka makan ditempat-tempat yang kayak jadul atau elegan bahasan kita dibawah ini akan menjadikan kamu kepingin kesana.

Baca Juga : Tempat-tempat di jogjakarta yang keren dan Untuk kumpul
1. House Of Raminten, Seru buat nongkrong bareng temen-temen

Kamu jika pingin nongkrong asyik-asyikan bareng temen-temen kamu tinggal menuju ke jalan FM Noto no. 7, Kotabaru, Jogjakarta. Disana terdapat tempat makan yang kece, namanya House Of Raminten, pasti anak-anak jogja setidaknya pasti pernah mampir ketempat ini walaupun sekali.

House Of Raminten benar-benar keren dengan mengusung Konsep Jawa Lawas nan Kental, baik dilihat dari interior sampai aneka menu hidangan yang disajikan, ditambah dengan alunan Gamelan khas Jawa yang kalem dan syahdu, hmm..  pasti keren tuh tempat.
Foto by : @nita_amoy

Tempat makan kece yang menyajikan menu kece gak selalu mahal loh? Gak percaya, di House of Raminten kamu akan percaya. Menu disini terbilang unik mulai dari menu-menu khas angkringan Jogja seperti nasi kucing, sate usus, sate telur puyuh, gorengan, dan sebagainya. Wahh pasti bkalan memanjakan perut lapar kamu.

Tenang saja House of Raminten mempunyai tiga cabang loh yaitu di Jalan Magelang, di Jalan Kaliurang dan di Jalan FM Noto No. 7, Kotabaru, Yogyakarta. Buat kamu yang ingin nongkrong sama teman-teman dengan nuansa Jawa yang lebih ehem,  direkomendasikan datang ke Kotabaru aja.

2.Rumah Makan Manggar Manding, Rumah Makan Yang Asyik

Ada lagi nih rumah makan di kawasan jogja yang mengusung konsep Jawa atau tradisional tempatnya sedkit jauh sih dari kawasan kota, dibantul sana tapi jika kamu kebetulan lag asyik pergi liburan ke Parangtritis kamu bisa mampir ke situ, dan rasakan sendiri sensasi yang disajikan di Rumah Makan Manggar Manding ini.
Poto by : Jawarakuliner.com
Berlokasi di Jalan Parangtritis KM 11,5 Manding, Bantul, Yogyakarta, Manggar Manding memiliki special menu Gudeg Manggar. Wow, itukan makanan khas Jogja banget. Tapia ada yang special nih. Gudeg Manggir ditambahkan bunga kelapa yang membuatnya lebih gurih gitu. Aduuuh, bunga kelapa itu maksudnya gimana yak? Penasarankan? Kamu langsung nanya sama tukang masaknya aja deh.

Tidak hanya menyajikan menu Gudeg Manggir, rumah makan ini juga menyajikan menu brongkos, botok, hingga olahan gurame. Nah untuk minumannya , ada Teh Batok, Teh Poci, dan minuman modern lainnya. Harganya terbilang cukup miring loh, dibandrol dari Rp.15.000 gitu. Cukup terjangkaulah.

Giamana kamu penasaran gak dengan Rumah Makan Manggar Manding.? Sekalian aja main ke bantul atau ke parangtritis dan mampirlah, dan rasakan masakan-masakannya dengan sensasi Khas Jawa Banget.

3.Warung bakmi yang unik dan keren, Warung Bakmi Mbah Gito.

Manteb nih bagi kamu yang doyan dengan Bakmi atau suka bangunan dengan arsitektur maupun desain interior yang nyeleneh? Wow sekarang kamu bisa langsung datang ke Warung Bakmi Mbah Gito saat ini juga. Kenapa da nada apa disana.? Karena di warung bakmi tersebut kamu bisa mendapatkan dua-duanya.
Poto by : @ayo_oktaviani

Lokasi Warung Bakmi Mbah Gito ini berada di Jl. Nyi Ageng Nis, Peleman, Rejowinangun, Kotagede. Untuk menuju lokasi warung bakmi ini sedikit ribet. Agak mblusuk-mblusuk ke dalam kampung gitu. Tapi tenang aja, kamu bisa kok mengandalkan warga sekitar untuk mencapai lokasi warung bakmi karena warung bakmi ini udah hits banget. Pasti pada tahu.


Kesan klasik terasa sangat kuat dari pintu masuk menuju warung bakmi. Mengunakan pintu kayu khas rumah Jawa jaman dulu akan menyapamu ramah. Siap-siap kaget saat masuk dalam warung karena hampir semua bangunan dibuat dari kayu. Tapi kamu gk usah perhatikan kayu yang dipoles dengan rapinya itu, disana itu Gak cuma bangunannya yang mirip bangunan Jawa klasik, dekorasi atau interiornya pun sangat klasik loh. Ada cangkul, sabit, radio antik, wayang punakawan, hingga alunan musik gamelan yang menentramkan.

Kesan klasik Jawa juga terasa lewat penampilan para pelayannya yang mengenakan kebaya lurik untuk pelayan perempuan dan surjan plus blangkon untuk pelayan laki laki. Warung Bakmi kece ini dibuka dari jam 10.00 hingga 23.00. wow. Gimana keren bukan, ayo kunjungi dan rasakan bedanya dari tempat lain hanya di Warung Bakmi Mbah Gito.

4. Tepi Sungai Gadjah Wong, Keren Makan Bareng Kekasih DIsini.

Nama Restoran Gadjah Wong pasti pernah dengarkan.? Minimal anak Jogja pasti pernah lewat di depan restoran yang berada di tepi sungai Gajah Wong atau tepatnya di Jl. Affandi atau Gejayan ini.
Poto by : katalogkuliner.com

Ketika kamu lihat gerbang tempat ini Kesan mahal pasti langsung muncul dalam benakmu. Ya benar agak mahal tapi tenang karena Itu sebandinglah sama konsep yang ditawarkan restoran ini. Jadi, di restoran ini kamu bisa menikmati beberapa suasana yang berbeda dalam satu tempat.

Apa saja sih di dalamnya selai makanan dan minuman yang aduhai.? Ada Gamelan Room. Dari namanya kamu udah tahulah, apa yang ditawarkan dari ruangan satu ini. Yap, suasana etnik Jawa yang membuat berasa kembali ke jaman dahulu kala.

Berikutnya ada Latin Combo Room, Jazz atau Classic Room, Monyet Area yang berada di balkon, Lorong Area yang terletak di bawah tanah, dan Riverside yang terdiri dari gazebo di pinggir Sungai Gadjah Wong. Aduuuh, makan, suap-suapan, pandanga-pandangan ditemani gemericik sungai Gajah Wong, Namanya unik-unik gitu ya..? siapa yang gak penasaran..?

Tidak cuma ruangannya yang punya tema-tema tertentu, disana pelayannya bahkan berkostum sesuai tema ruangan loh. Restoran ini buka dari jam 18.00 dan tutup pukul 22.00. Kok bentar banget sih? Gak apa-apalah yak! Yang penting kamu nabung dulu yak biar bisa makan disini.

5. Menyantap Makanan Kesukaan Sultan Hamengku Buwono di Restoran Bale Raos.

Penasaran gak dengan makanan para sultan di Keraton Jogja dulu..? Makanan favorit raja dan keluarganya kira-kira seperti apa..? Kamu pingin mencicpi juga..?
Poto by ; @tasazzurri
Kalau kamu terlalu penasaran, kamu bisa langsung cus ke Restoran Bale Raos. Di restoran ini dijamin 100% kamu bisa merasakan sensasi sebagai keluarga kerajaan dalam sehari.

Rumah makan ini dengan sangat didukung desain ruang restoran yang menyerupai ruang makan di Keraton. Kawasan tepat makan ini begitu cukup luas, kamu juga bisa bawa rombongan besar untuk menyicipi menu favorit Sultan dari masa ke masa. Area restoran ini di bagi dalam dua joglo yang bisa dikombinasikan untuk indor atau outdoor party. Resto yang berada di Jl. Magangan Kulon No. 1 Kraton ini juga sangat direkomendasikan untuk acara formal maupun non-formal, baik acara keluarga, rapat, gathering, private party dan lain-lain.

Ada yang keren di Restoran ini untuk menunjang keklasikan di restoran ini pada hari-hari tertentu terdapat live gamelan dan tari Jawa klasik, dan live perfomance musik keroncong pada hari Sabtu. Tidak hanya itu menu-menu yang disajikan di restoran ini adalah menu favorit sultan-sultan  yang pernah bertahta di Kraton Kasultanan Yogyakarta terutama Sultan Hamengku Buwono VII hingga Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta keluarga tercinta.

Kamu masih penasaran dengan menunya..? Menunya macem-macem loh ada urip urip gulung, konon ini menu favorit Sultan HB VII, ada Beer Jawa idola sultan HB VIII dan masih banyak lagi. Yang jelas nama menunya pasti terdengar asing di telinga anak modern kaya kamu. Ya iyalah itu masakan jadoel khas Keraton yang sudah diwariskan semenjak jaman dahulu.

Untuk harga menu di restoran yang berada dilingkungan kraton Yogyakarta ini kamu memang kudu merogoh kocek agak dalem dikit. Tapi gak papalah itu kan sebanding dengan yang akan kamu dapatkan jika ke Restoran Bale Raos.

6. Joglo Mlati Traditional Restaurant, Resoran Jawa Banget.

Nama Restoran ini keren ya..? Pake bahasa inggris pula, tak masalah yang penting tempat ini tempat yang asyik untuk makan bareng keluarga atau temen-temen, dan pastinya jauh dari hiruk pikknya jantung kota.
Poto by ; indonesia-feature.blogspot.com

Restoran ini sudah gagah berdiri semenjak tahun 1995. Wow berarti restoran ini sudah menyaksikan Jogja tumbuh dengan pesatnya nyaris 21 tahun lamanya. Kalau manusia mah udah kuliah semester berapa tuh? Dan Lokasinya berada tidak jauh dari Terminal Jombor ini memiliki bangunan yang bergaya kuno dengan kayu jati tua, wahh bakalan ketagihan deh kamu.

Restoran ini terdiri dari empat bangunan yang terpisah yaitu Joglo Utama, Jaga Satru (Rumah Kudus), Nogosari dan Rejoso dan home stay Sri Gading. Gak cuma buat tempat makan kece, bangunan di sekitar Joglo Mlati Traditional Restaurant ini juga sering digunakan untuk acara pernikahan, rapat, seminar, syukuran, sertijab, bahkan pesta ulang tahun.

Terdapat macem-macem paket yang ditawarkan di Joglo Mlati ini seperti Paket Java Authentic. Paket ini menyuguhkan makan malam di syahdunya alam pedesan. Kamu akan di jemput dari pintu masuk menuju Joglo Mlati dengan andong (kereta kuda). Duuuh, syahdunya. Gak hanya itu, kamu juga bakal disambut prajurit ala kraton serta diringi kesenian rakyat jatilan atau tarian tradisional lainnya. Sepanjang makan malam pun kamu akan ditemani lantunan gamelan dan pertunjukan tarian tayuban.

Untuk makan malam Joglo Mlati juga menawarkan paket khusus seperti Java Exotique Night, Romantic Dinner, Ramayana in dining. Bahkan juga ada paket khusus untuk pelajar yang juga menampilkan pertunjukan kesenian tradisional loh.
7. Restoran Omah Duwur, Tempat Makan Yang Keren Ala Jogja Banget.

Pada tahu gak? Mungkin kalian juga baru dengar nama ini. Di Kotagede yang melankolis, syahdu, merdu, dan menentramkan itu ada satu restoran kece, namanya Restoran Omah Duwur.
Poto by ; ciptomagz.com

Ketika kamu masuk ke restoran ini kamu akan disuguhkan dengan suasana klasik ala-ala Jogja. Sebenarnya bangunana restoran ini dipengaruhi oleh gaya arsitektur dua budaya yang berbeda yaitu gaya arsitektur Belanda dan arsitektur Jawa modern gitu.

Untuk menu yang disiapkan di restoran ini ada banyak sekali loh. Mulai dari masakan asli Indonesia sampai masakan Barat gitu deh. Yang jelas harga makanannya dibrandrol dari Rp 50.000 . Ya agak tebel gitu ya harganya tapi pengelaman makan malam di restoran romantis sekali seumur hidup, gak apa-apalah. Kan bisa patungan sama doi. Iyakan?

Oke, itulah kawan beberapa destinasi tempat Makan yang kece banget didaerah Jogja dan sektarnya yang tentunya mengusung gaya model Jawa nan Klasik, Jangan lupa bagikan yaa.

Ayo Bermain Dengan Rusa Imut di Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

Pemandian Kalireco Lawang Malang, Tempat Untuk Segarkan Badan Dan Otak Kamu