in

Lokasi Menuju Hutan Lumut Singgalang, Tempat Kece Buat Foto

Gunung Singgalang menyimpan banyak pesona alam yang menakjubkan, jika di kaki Gunung ini banyak ditemukan Air Terjun dan Sungai yang indah, terutama di Malalak, di tengah hutan gunung ini pengunjung akan menmukan beraneka ragam tumbuhan yang tak kalah menarik.

@muhammad.asri

Salah satunya adalah Hutan Lumut yang terletak di Hutan Ericaceous atau hutan gunung  yang terdapat pada ketinggian melebihi 1.500 meter. Spesies utamanya terdiri dari Pokok Kelat, Pokok Periuk Kera, Berbagai jenis belukar, Buluh, Resam, Pakis dan Beraneka Lumut. berlokasi di Sumatera.

Untuk lokasi Hutan Lumut Singgalang sangat mudah ditemukan, karena berada di jalur pendakian Singgalang sebelum mencapai puncak atau Telaga Dewi. Kawasan ini ditumbuhi berbagai pohon dengan batang dan akar yang ditumbuhi lumut hijau yang mempesona.

Hutan Lumut Singgalang sangat indah, hijau, lembab dan dingin. Walaupun demikian pesonanya tidak boleh dilewatkan, pengunjung harus mengambil foto dengan latar surga alam yang alami ini. Warna hijau yang mendominasi membuat pandangan menjadi segar dan penat terasa terobati.

Saat berada di sekitarnya, pengunjung akan merasakan sensasi berada di dunia lain seperti di dunia kurcaci dan peri. Di kawasan ini, jalur yang Anda lewati mulai dari meniti tanah humus yang empuk, akar pepohonan, lumpur, sampai lahan berlumut tebal

Lokasi Dan Rute Menuju

Akan tetapi, jalur yang paling terkenal dan sering digunakan adalah jalur pendakian dengan rute melewati desa Kota Baru dan Pandai Sikek. Setelah kita berada di Desa Kota Baru kemudian akan dilanjutkan perjalanan melewati Desa Pandao Sikek yang dimana terdapat sebuah tower BTS milik salah satu perusahaan Televisi swasta di Indonesia yang terletak di punggungan Gunung Singgalang, dan jalan yang akan dilalui adalah jalan yang menanjak dan beraspal.

Tips Pendakian Gunung Singgalang

Bila tidak ingin melakukan pendakian malam hari, sebaiknya pendakian dilakukan paling lambat pada jam 13.00, dimana dengan perjalanan santai memakan waktu sekitar 3 jam menuju ke bivak I. Sebelum menuju ke bivak I ( sekitar 15 m sebelum bivak I, kita akan memotong aliran sungai ( pindah punggungan ), yang merupakan sumber air pada saat kita menginap di area ini. Namun jika berniat naik pagi ( sekitar jam 09.00 ), kita bisa mencapai bivak II ( sekitar jam 16.00 ). Pada area ini, kalau kita mau, banyak tumbuhan hutan yang bisa makan, seperti pakis gajah, begonia, arbei, dan beberapa tumbuhan lainnya yang lainnya.

Dari bivak II, apabila berangkat sekitar jam 09.00, dengan jalan santai kita akan sampai di Cadas sekitar pukul 13.00. Untuk masuk ke daerah cadas, dari rute perjalanan sebelumnya kita akan bertemu simpang jalan ( kedua jalan tersebut sama – sama mengarah ke Telaga Dewi, jadi anda bisa memilih rute yang kita suka ). Untuk rute yang mengarah ke kanan, maka dalam jarak sekitar 10 m kita akan sampai di daerah cadas, dan 100 m dari sana kembali masuk hutan yang menuju ke daerah Telaga Dewi.

1. Perencanaan pendakian
2. Mempersiapkan fisik dan mental
3. Mempelajari dan harus mengetahui mengenai medan dan rute yang akan dilalui
4. Mempersiapkan perlengkapan yang efektif dan berdaya guna besar
5. Mengatur manajeman logistik dan bahan makanan yang mencukupi
6. Memperoleh izin dan melapor pada pos pendakian
7. Tidak merusak alam dan menjaga lingkungan sebaik-baiknya.

Demikian ulasan dan informasi mengenai Lokasi Menuju Hutan Lumut Singgalang, Tempat Kece Buat Foto Selfie, Jangan lupa bagikan artikel ini atau komentar di bawah artikel ini.

http://epictio.com/tempat/gunung-singgalang/

Wahana Terbaru Yang Hits Di Taman Selecta Batu Malang

Lokasi Menuju Air Terjun Ponot Tempat Yang Adem Banget